Luis Suarez Pensiun dari Timnas Uruguay

Bagikan

Luis Suarez mengumumkan jika akan pensiun dari timnas Uruguay. Penyerang berusia 37 tahun tersebut mengabarkan hal tersebut seusai laga uji coba Uruguay melawan Guatemala yang berakhir 1-1.

Luis Suarez Pensiun dari Timnas Uruguay
Luis Suarez menangis saat mengumumkan dirinya pensiun dari timnas Uruguay.

 

Akan Menjalani Satu Laga Terakhir

Suarez sendiri mengatakan jika dia akan memainkan satu laga terakhir. Laga yang dimaksud adalah laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Paraguay pada 7 September 2024 mendatang. Laga tersebut juga akan dimainkan di kandang Uruguay, sehingga akan menjadi perpisahan yang emosional.

Dalam konferensi pers seusai laga melawan Guatemala, Suarez mengungkapkan berita tersebut. “Hari Jumat [tanggal 6 September waktu Uruguay] …. Sangat sulit mengatakan hal ini. Hari Jumat nanti akan menjadi laga terakhirku untuk tim nasional. Keputusan ini sangat sulit. Bukan keputusan yang mudah. Tapi pikiranku sangat tenang, mengetahui bawa hingga laga terakhir, aku memberikan segalanya untuk negaraku.”

Suarez juga menyinggung usianya sebagai salah satu faktor pensiun. “Aku ini sudah berusia 37 tahun. Sudah sangat sulit untuk bisa tetap fit hingga Piala Dunia berikutnya [di tahun 2026]. Tapi aku senang aku bisa mengatakan aku pensiun dengan keputusanku sendiri, bukan karena cedera atau memang tidak lagi dipanggil. Semangatku untuk membela tim nasional masih membara, tetapi api itu perlahan-lahan akan padam. Jadi penting bagiku untuk mengambil keputusan sekarang,” pungkas Suarez.

Suarez juga mengatakan dia sangat beruntung bisa memenangkan gelar bersama tim nasional. Suarez pernah memenangkan Copa America pada tahun 2011. Bahkan, Suarez sebenarnya memiliki rencana untuk pensiun setelah memenangkan Copa America 2024. Apa daya, Uruguay kalah di Babak Semi-Final melawan Kolombia dan hanya puas finis di peringkat tiga.

Suarez sendiri sudah bermain untuk Uruguay dari tahun 2007. Selama 17 tahun membela Uruguay, Suarez mencetak 69 gol dari 142 laga bersama Uruguay. Ini menjadikannya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Uruguay.

Tidak Akan Berpindah Klub

Luis Suarez Pensiun dari Timnas Uruguay
Luis Suarez saat merayakan golnya untuk Inter Miami.

 

Terpisah, Suarez juga mengatakan jika Inter Miami akan menjadi klub terakhir dalam karir sepak bolanya. Saat ini Suarez memiliki kontrak hingga Desember 2024 mendatang. Tidak diketahui apakah Suarez akan memperpanjang kontraknya atau akan pensiun sepenuhnya dari sepak bola setelah kontrak tersebut habis.

Simak informasi sepak bola terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.