Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Tidak Masuk Nominasi Ballon d’Or

Bagikan

Kejutan terjadi kepada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi pada nominasi Ballon d’Or untuk tahun 2024 ini. Ronaldo dan Messi, yang dianggap dua pesepak bola terbaik pada abad ini, tidak masuk ke nominasi Ballon d’Or pada tahun ini.

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Tidak Masuk Nominasi Ballon d'Or
Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo pada tahun 2019.

 

Pertama Semenjak 2003

Tidak adanya nama Ronaldo dan Messi pada nominasi Ballon d’Or 2024 sebenarnya cukup mengejutkan. Pasalnya, ini merupakan kali pertama baik nama Ronaldo atau Messi tidak ada di nominasi. Ronaldo sebelumnya selalu berada di nominasi Ballon d’Or semenjak 2004 dan hanya absen di tahun 2023 lalu. Sementara Messi selalu berada di nominasi Ballon d’Or semenjak 2006.

Keduanya memenangkan 13 Ballon d’Or dalam 20 tahun terakhir. Messi memenangkan Ballon d’Or sebanyak delapan kali pada tahun 2009 hingga 2012, lalu tahun 2015, tahun 2019, tahun 2021, dan terakhir di tahun 2023. Sementara Ronaldo memenangkan Ballon d’Or sebanyak lima kali, pada tahun 2008, tahun 2013, tahun 2014, tahun 2016, dan tahun 2017.

Dengan tidak adanya Ronaldo dan Messi, Ballon d’Or tahun ini pun akan melahirkan pemenang baru. Ini karena selain dua nama tersebut, Karim Benzema dan Luka Modric, dua pesepak bola lainnya yang masih aktif bermain dan pernah meraih Ballon d’Or, tidak masuk ke nominasi tahun ini. Tentunya akan menarik menunggu siapa yang keluar sebagai pemenang baru tersebut.

Nama-Nama Menarik

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Tidak Masuk Nominasi Ballon d'Or
Dani Carvajal merupakan salah satu pemain yang difavoritkan memenangkan Ballon d’Or 2024.

 

Real Madrid, klub yang meraih Liga Champions musim lalu, secara tidak mengejutkan menjadi klub yang menyumbang nama terbanyak. Tercatat ada enam nama yang masuk ke nominasi tahun ini. Mereka adalah Jude Bellingham, Dani Carvajal, Toni Kroos, Antonio Rudiger, Federico Valverde, dan Vinicius Junior. Jika hanya menghitung trofi yang diraih, Carvajal merupakan favorit, karena dia juga meraih Piala Eropa 2024 bersama Spanyol.

Lalu dua klub Inggris, Arsenal dan Manchester City menyumbang empat nama. Arsenal menyumbang Martin Odegaard, Declan Rice, Bukayo Saka, dan William Saliba. Sementara Manchester City menyumbang Ruben Dias, Phil Foden, Erling Haaland, dan Rodrigo Hernandez. Rodri juga menjadi Juara Piala Eropa 2024 bersama Spanyol, sehingga dia juga menjadi favorit.

Real Madrid juga sebenarnya masih memiliki nama lain dalam diri Kylian Mbappe. Namun karena Ballon d’Or menghitung performa satu musim sebelumnya, maka Mbappe dianggap mewakili Paris Saint-Germain. Tentunya menarik melihat siapa yang akan menjadi pemenang, yang akan diumumkan pada 29 Oktober 2024 mendatang.

Simak informasi sepak bola terbaru secara lengkap di shotsgoal.com.